Monday 7 March 2016

Mengenal Lebih Dekat Pengertian SMS Gateway

SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dan lain-lain). (Novianti Ariza and Ami Fauzijah, 2009: A-41).
Berdasarkan pengertian tersebut, sistem informasi SMS Gateway adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan bantuan komputer sebagai server dan sebuah alat komunikasi yang saling terintegrasi sehingga dapat melakukan pengiriman data berupa pesan-pesan singkat melalui media SMS dengan penggunaan jaringan telepon tanpa kabel secara bersamaan kepada banyak nomor. Sistem ini memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
1.      Message Management dan Delivery
a.       Pengaturan pesan yang meliputi manajemen prioritas pesan, manajemen pengiriman pesan dan manajemen antrian.
b.      Pengiriman pesan yang dilakukan harus sedapat mungkin fail safe. Artinya, jika terdapat gangguan pada jaringan telekomunikasi, maka sistem secara otomatis akan mengirim ulang pesan tersebut.
2.      Korelasi
Berfungsi untuk melakukan korelasi data untuk menghasilkan data baru hasil korelasi. Pada sistem yang terpasang saat ini, arsitektur lalu lintas data melalui SMS sudah terjalin cukup baik. Hanya saja, keterbatasan akses data dan tujuan informasi SMS yang belum terfokus menyebabkan banyaknya jawaban standar (default replies) masih banyak terjadi. SMS Gateway banyak digunakan dalam berbagai proses bisnis dan usaha. Proses bisnis dan bidang layanan yang bisa ditangani oleh aplikasi SMS Gateway, yaitu sebagai berikut :
a.       Manajemen Inventori
b.      CRM (Customer Relationship Management), misalnya Rumah Makan, Cafe,
Executive Club, Stasiun Radio, Stasiun TV, Lembaga Pendidikan.
c.       Call Center dan SMS Pengaduan, misalnya Polisi, PLN, PAM, Instansi  Pemerintah
SMS Gateway memanfaatkan arsitektur teknologi komunikasi SMS untuk menerapkan aplikasi bernilai tambah dengan memanfaatkan komunikasi SMS untuk optimalisasi proses bisnis perusahaan dan peningkatan kualitas layanan dari institusi pelayanan publik.
3.      Cara Kerja SMS Gateway
Cara kerja SMS Gateway pada dasarnya hampir sama dengan mengirim SMS melalui handphone pada umumnya. Hanya saja pada SMS Gateway media pengirimanya bukan menggunakan hp melainkan menggunakan modem GSM. Dan modem inilah yang akan dikendalikan oleh PC menggunakan aplikasi SMS Gateway yang akan dibuat. (Edison, D. 2012). Lihat gambar 1.1.

Gambar 1.1. Arsitektur SMS Gateway

3 comments:

Anonymous said...

Thanks

Unknown said...

Saya tertarik dengan tulisan mengenai pengenalan sms gateway diatas,sangat bermanfaat dan menambah informasi bagi saya. saya juga memiliki tulisan serupa yang dapat diliat Disini Terimakasih.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.