Friday 25 December 2015

Pengertian Tentang Metode GRAPPLE (Guidelines for Rappid APPLication Engineering)

Sekilas mengenai Guidelines for Rappid APPLication Engineering (GRAPPLE), GRAPPLE merupakan salah satu metodologi pengembangan sistem yang ada, metode ini sangan fleksibel dan jelas dalam melakukan proses pengembangannya, menurut (Schmuller, 1999) metode ini dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
Gambar Arsitektur Metode Grapple
1.    Requirement Gathering
Pada tahap pertama yang dilakukan oleh pengembang perangkat lunak adalah mengambil informasi lengkap dari pengguna tentang sistem yang akan dibangun dengan wawancara dan quisioner. Wawancara dilakukan langsung dengan pengguna yang menginginkan adanya sistem ini dan dengan pengguna yang berhubungan langsung dengan sistem. Tahap ini menyarankan untuk mewawancarai pengguna yang memiliki kemampuan teknis. Analisis masalah,fungsi dan kebutuhan sistem termasuk dalam tahap Requirement Gathering.
2.    Analysis
Di tahap analysis yang dilakukan adalah menggali lebih dalam hasil yang diperoleh dalam tahap sebelumnya. Tahap ini mengkaji permasalahan pengguna dan menganalisis solusinya. Yang termasuk dalam tahap ini antara lain : pengembangan data dan informasi dari requirement gathering, pembuatan diagram.
3.    Design
Tahap design dilakukan untuk merancang solusi yang dihasilkan pada tahap analysis dan design dapat berjalan dua arah saling menyesuaikan sampai diperoleh rancangan yang tepat. Yang termasuk dalam tahap ini antara lain : implementasi model dan diagram yang telah dianalisis,dibuat rancangannya.
4.    Development
Tahap ini ditangani oleh pengembang program untuk membangun kode program dan user interface. Pengujian program dan dokumentasi sistem dilakukan pada tahap ini.
5.    Deployment
Tahap deployment adalah tahap pendistribusian produk yang dihasilkan kepada pengguna. Tahap ini mencakup instalasi dan perencanaan backup data bila diminta oleh pengguna sesuai dengan perjanjian sebelumnya.
Biasanya metodologi ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang sifatnya OO, dan biasanya hanya sampai pada tahap development. 

No comments: