Thursday 17 December 2015

Contoh Format Proposal Pengajuan Judul Skripsi Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta

SISTEM INFORMASI PRESENSI SEKOLAH
REALTIME DENGAN PHP & SMS GATEWAY MENGGUNAKAN APLIKASI GAMMU
I.                  Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.
Sistem informasi dan komunikasi mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankan kegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa, orang tua siswa, dan masyakat umumnya. Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
Pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah dilakukan di negara-negara maju. di Amerika Serikat, misalnya, pemanfaatan komputer dan jaringan komputer telah dilakukan sejak tahun 1980-an. setiap siswa mempunyai kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer, pembelajaran tanpa harus langsung bertatap muka antar pendidik dan peserta didik, pemanfaatan teknologi sebagai control hehadiran siswa dan siswi setiap hari dan sebagainya. pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat putus sekolah, dan penurunan tingkat ketidak hadiran di kelas.
Kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari kualitasnya semakin rendah. Berdasarkan Survey United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), terhadap kualitas pendidikan di Negara-negara berkembang di Asia Pacific, Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara. Sedangkan untuk kualitas para guru, kulitasnya berada pada level 14 dari 14 negara berkembang.
Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan. Permasalahan kehadiran dalam suatu instansi pendidikan pun saat ini menjadi suatu permasalahan yang serius, ada beberapa factor yang membuat kasus bolosnya siswa didalam suatu unit sekolah, seperti ketidak nyamanan siswa dalam mengikuti belajar mengajar, ketidak tegasan lembaga pendidikan untuk menindak siswa yang bolos tersebut, serta pengawasan orang tua yang kurang dilibatkan dalam mengawasi anaknya saat berada didalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu suatu teknologi informasi yang semakin maju seharusnya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada selama ini.
Kemajuan teknologi informasi dapat di manfaatkan dalam dunia pendidikan terutama untuk memberikan suatu informasi didalam sebuah instansi sekolah. Dalam sebuah instansi sekolah terdapat pusat informasi untuk memantau aktifitas atau kegiatan siswa dan siswi yang ada dalam lingkungan sekolah, sebagai contoh adalah informasi kehadiran siswa dan siswi yang dapat memerikan informasi perkembangan kehadiran selama mengikuti jam KBM, yang sering kita sebut dengan presensi kehadiran siswa.
Didalam pelaksanaan majemen presensi siswa disekolah terdapat beberapa hal yang dapat kita sempurnakan dalam mengolah sebuah informasi kehadiran siswa, kita dapat melibatkan orangtua siswa dan siswi agar mereka mengetahui perkembangan anaknya apakah pada hari tersebut anak tersebut ada didalam jam KBM yang berlangsung atau tidak, saat ini dalam pelaksanaanya orang tua hanya mengetahui grafik kehadiran anaknya hanya pada saat pembagian raport disekolah, dan permasaahan yang ada saat ini adalah ketika beberapa siswa yang memiliki kasus disekolah mengenai kehadiran, tidak sedikit orang tua yang dipanggil ke sekolah dikarenakan anak tersebut tidak hadir atau tidak mengikuti jam KBM beberapa kali, padahal dalam sepengetahuan orang tua, anak tersebut selalu brangkat sekolah setiap hari.
Melihat masalah tersebut maka perlu adanya sistem informasi yang memudahkan orang tua untuk mendapatkan sebuah informasi yang real-time dari sekolah atas aktifitas siswa dan siswinya di sekolah. Seperti contoh kita dapat membangun sebuah sistem informasi presensi real-time, garis besar sistem tersebut merupakan salah satu jenis sistem informasi presensi yang dikembangkan untuk memantau para siswa dan siswi terkait dengan tingkat kedisiplinan dalam proses belajar mengajar dalam suatu unit sekolah, dimana tingkat kehadiran siswa dan siswi merupakan salah satu tolok ukur dalam proses belajar dan mengajar. Sistem informasi presensi realtime ini merupakan teknologi SMS Gateway yang digabungkan dengan program web PHP. Dengan adanya program presensi seperti ini, maka ketika ada siswa atau siswi yang tidak mengikuti salah satu mata pelajaran saja, maka program tersebut akan secara otomatis mengirim ke nomor HP orang tua yang nomor HP orang tua sudah dimasukan kedalam program. Dengan demikian, para guru dan orang tua bisa secara aktif memantau kehadiran anak didik mereka di dalam lingkungan sekolah.
a.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat dirumuskan masalah yang ada yaitu :
1.      Bagaimana kemajuan sistem informasi berperan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan siswi untuk menyiapkan mereka dalam dunia kerja setelah lulus nanti?
2.      Bagaimana memberikan suatu informasi kepada orang tua siswa dan siswi terkait kegiatan yang dilakukan anaknya disekolah secara cepat, akhurat dan real-time?
3.      Bagaimana membangun suatu sistem informasi presensi dalam sebuah unit sekolah agar orang tua juga dapat mengetahui aktifitas anak disekolah?
4.      Bagaimana membangun sistem Informasi Presensi dengan PHP dan SMS Gateway menggunakan aplikasi gammu?
b.      Keaslian Penelitian
Di dalam suatu lembaga pendidikan pasti memiliki sistem informasi presensi kehadiran, tetapi dalam pelaksanaanya masih ada beberapa yang perlu disempurnakan, seperti peran orang tua yang dapat diikut sertakan dalam mengawasi aktifitas anaknya saat mengikuti jam KBM yang berlangsung setiap harinya. Dalam sebuah keaslian penelitian harus ada perbedaan dalam sebuah referensi yang lain, peneliti bermaksud untuk menambahkan fitur-fitur yang baru dari referensi yang sudah ada sebelumnya seperti salah satunya dengan menambahkan fitur SMS Gatway menggunakan Gammu, Gammu sendiri adalah aplikasi yang dikhususkan untuk membangun sebuah SMS Gateway yang menghubungkan antara operator seluler ke internet dan sebaliknya, aplikasi ini bersifat open sourc dibawah lisensi GPL. Dimana nantinya informasi dapat dikirim secara otomatis menggunakan program yang akan langsung memberikan informasi ke nomor HP orang tua siswa atau siswi tersebut.
c.       Manfaat Penelitian
Hasil yang diharapkan dalam pembangunan aplikasi ini adalah untuk :
1.      Mempermudah orang tua untuk mengawasi putra atau putrinya yang sedang mengikuti jam KBM disekolah tanpa harus datang kesekolah.
2.      Orang tua dapat mengetahui perkembangan presensi putra putrinya melalui HP.
3.      Meningkatkan kedisiplinan siswa dan siswi dalam sebuah instansi pendidikan.
II.               Batasan Permasalahan
Batasan masalah pada aplikasi yang akan dibangun dalam tugas akhir ini adalah:
1.      Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman php, bootstrap dan mendukung hampir semua browswer diantaranya jQuery, CSS3, dll.
2.      Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, diantaranya data siswa, data guru, data kelas, data sekolah/instansi terkait, data presensi, dan data laporan per-siswa.
3.      Aplikasi hanya di khususkan untuk memantau aktifitas presensi siswa dan siswi serta memberikan informasi ketidakhdiran siswa kepada orang tua melalui nomor hp yang falid.
4.      Aplikasi ini dapat digunakan dalam unit SD, SMP dan SMA.
III.           Tujuan Penelitian
Tujuan dari tugas akhir ini adalah menghasilkan Sistem Informasi Presensi Sekolah Realtime dengan PHP dan SMS Gateway yang nantinya sistem ini dapat diterapkan dalam instansi pendidikan seperti SD, SMP, dan SMA sebagai sistem informasi yang berfungsi memantau perkembangan kehadiran siswa dan siswi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah serta dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa dan siswi terkait kedisiplinan anaknya disekolah.
Tujuan dan manfaat dari penerapan Sistem Informasi Presensi Sekolah Realtime dengan PHP dan SMS Gateway ini adalah agar mempermudah proses absensi guru terhadap seorang siswa dan siswi, apakah siswa dan siswi tersebut hadir dari awal pelajaran hingga akhir pelajaran. Dengan adanya system ini maka pengawasan siswa dan siswi lebih mudah, karena orang tua dapat mengetahui detail absensi anak melalui SMS.
IV.             Tinjauan Pustaka
Beragam sistem informasi presensi diciptakan untuk mengatasi permasalahan kedisiplinan siswa dan siswi di sekolah, dari analisa penulis ada bebrapa sistem presensi yang sudah ada diantaranya:
1.      Masih menggunakan presensi manual, cara ini yang masih dilakukan oleh kebanyakan sekolah yang ada.
2.      Penelitian yang dilakukan oleh (tommy, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013) membuat sebuah aplikasi presensi berbasis web menggunakan Frame CodeIgner yang mengadakan penelitian di SMP BOKPRI 1 Wates, membuat sistem presensi dengan mengumpulkan data-data, diolah, disimpan, atau dikembalikan hingga menghasilkan informasi. Semua hal tersebut merupakan bagian dari kebutuhan sekolah untuk mengelola presensi kehadiran siswa yang ada setiap harinya dan memberikan sebuah inovasi teknologi informasi yang baru.
3.      Penelitian yang dilakukan oleh (Abdan, Potiteknik Eloktronika Negeri Surabaya) membuat sebuah sistem online presensi perkuliahan jarak jauh berdasarkan data terpusat, karena kuliah jarak jauh itu ada di beberapa tempat, maka yang dilakukan adalah cluser dari tempat tersebut untuk mengumpulkan data-data presensi dari mahasiswa.
4.      Penelitian yang dilakukan oleh (Yuyiandrika, 2013) Membangun Sistem Informasi Presensi Mahasiswa STMIK Atma luhur pangkal pinang berbasis web informasi. Tentang presensi mahasiswa dibutuhkan sangat akhurat, karena mempengaruhi nilai akhir yang akan mereka peroleh untuk mata kuliah yang sedang mereka ambil.
5.      Penelitian yang dilakukan (Dedy 2009) Perancangan Sistem Informasi Presensi Dosen dan Mahasiswa berbasis Web di Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara, dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi presensi yang telah dibuat.
6.      Penelitian yang dikembangkan oleh perusahaan Bunafit Komputer oleh (Fajar, 2013) SMS Service Reservasi Tiket Penerbangan Pesawat Dikembangkan oleh Bunafit Komputer (Redaksi Buku IT & Software Development). aplikasi ini berbasis web server, sehigga dapat digunakan pada computer mana saja yang memiliki sistem operasi windows. Aplikasi ini bertujuan untuk melayani konsumen dalam pemesanan tiket pesawat terbangpada sebuah maskapai penerbangan. Aplikasi ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh sebuah maskapai penerbangan terhadap konsumennya, yang diharapkan dapat menarik minat para pengguna pesawat dikarenakan kemudahan dalam pemesanan tiketnya.Aplikasi ini telah memiliki beberapa validasi yang digunakan sebagai kamanan serta pendukung efisiensi dari kinerja aplikasi ini sendiri, sehingga aplikasi ini telah siap untuk di implementasikan ke lapangan.
7.       Penelitian yang dilakukan oleh (Winarno, Sugeng, 2010, Jurusan Teknik Informatika FTI ITENAS – Bandung) yaitu membangun sebuah aplikasis Arsitektur Real-Time System sebagai Pemantau Jaminan QoS. QoS adalah teknologi yang memungkinkan administrator jaringan untuk menangani berbagai efek dari terjadinya kongesti pada lalu lintas aliran paket dari berbagai layanan untuk memanfaatkan sumber daya jaringan secara optimal,dibandingkan dengan menambah kapasitas fisik jaringan tersebut. Jadi QoS bukan menciptakan bandwidth melainkan mengelola agar efektif sesuai kebutuhan. Melalui arsitektur yang diusulkan tersebut upaya pemantauan jaminan QoS berbasis real-time system untuk melakukan pengukuran dan pelaporan aliran paket data di jaringan berbasis pemantauan IP, yang merupakan pemantauan jaminan QoS baik EtE QM maupun DM sangat dimungkinkan diwujudkan. Hipotesis tersebut akan menjadi acuan penelitian lanjutan yaitu Kerangka Sistem Pengukuran Internet Sebagai Rekomendasi Penyedia & Pengguna Internet. Harapan akhir permasalahan jaringan komputer global (Internet) yang semakin komplek setiap waktu dapat dijembatani, sehingga baik pihak penyedia atau pengguna layanan Internet terpuaskan.
Sistem informasi yang kami sebutkan diatas merupakan macam dari jenis aplikasi yang dikembankan dari masing masing fungsidari judul kami, seperti penggunaan teknologi dalam penggunaan presensi siswa, serta sms gateway yang digunakan oleh prusahaan benefit computer dalam pemesanan tiket pesawat menggunakan ponsel, dan yang terahir adalah penggunaan sistem real-time pada aplikasi Arsitektur Real-Time System sebagai Pemantau Jaminan QoS. Yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika FTI ITENAS – Bandung. Dari ketiga fungsi diatas kami mencoba menggabungkan menjadi satu aplikasi yang akan kami jadikan sebuah aplikasi presensi dalam sebuah unit sekolah, karena ternyata dirasa kurang efektif menurut para orang tua siswa aplikasi yang sudah diterapkan dalam sebuah unit sekolah saat ini. Orang tua masih sangat mersaukan kondisi anaknya disekolah, apakah mereka benar-benar masuk sekolah atau tidak, karena orang tua menginginkan suatu informasi yang realtime, dimana maksud dari real-time tersebut apabila para siswa-siswi mereka tidak masuk, maka akan memberikan pemberitahuan langsung keorang tua tersebut melalui informasi SMS, dan sebagainya.
Maka aplikasi yang akan dibangun disini merupakan sistem presensi yang sudah ada, tetapi kami update dengan fiture real-time, dimana real-time ini akan memberitahukan informasi kepada para orang tua terkait dengan keadaan siswa-siswinya terkait dengan tingkat kedisiplinan ketika disekolah.
V.                Metodologi Penelitian
Metodologi pengembangan sistem perangkat lunak yang digunakan adalah metode sekuensial linier yang sering disebut dengan model air terjun (waterfall model). Metode ini mempunyai pendekatan sekuensial yang sistematis, yang meliputi (Pressman,  2002) :
1.      Rekayasa dan Pemodelan Sistem 
2.      Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
3.      Perancangan (desain)
4.      Penulisan Program (coding)
5.      Pengujian (testing)
6.      Pemeliharaan (maintenance)
Pada penelitian ini yang dilakukan hanya sampai pada tahap ke-6 yaitu pemeliharaan.
VI.           Jadwal Penelitian

NO
Rincian Tahap Pengerjaan
Bulan / Tahun
Juli/2015
Agust/2015
Sept/2015
Okto/2015
Nove/2015
1
Planning





















2
Analysis





















3
Design





















4
Implementation





















5
Testing





















VII.        Daftar Pustaka

Tommy, Setiawan. 2013. aplikasi presensi berbasis web menggunakan Frame CodeIgner. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Abdan, muhammad.2013. sistem online presensi perkuliahan jarak jauh berdasarkan data terpusat. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Yuyiandrika, imanuel.2013. Sistem Informasi Presensi Mahasiswa STMIK Atma luhur pangkal pinang berbasis web informasi. Pangkal Pinang: STMIK Atma luhur pangkal pinang.

Dedy, sanjaya.2009. Perancangan Sistem Informasi Presensi Dosen dan Mahasiswa berbasis Web di Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Witoko, fajar, 2013, Aplikasi reservasi Tiket Penerbangan Pesawat Berbasis SMS Auto Replay. http://www.scribd.com/doc/34446764/Skripsi-Tesis-SMS-Gateway-Aplikasi-SMS-Service-Reservasi-Tiket-Penerbangan-Pesawat-Berbasis-SMS-Auto-Replay. (Diakses pada tanggal 1 September 2015)

Irvan, jaya, 2010 https://van88.wordpress.com/makalah-permasalahan-pendidikan-di-indonesia/. (Diakses pada tanggal 7 September 2015)
Zain Al Abidin surabaya, jawa timur, Indonesia http://senyumsimetri.blogspot.co.id/2012/12/makalah-pemanfaatan-teknologi-informasi.html. (Diakses pada tanggal 7 September 2015)
Winarno, Sugeng, 2010, Jurusan Teknik Informatika FTI ITENAS – Bandung, Aplikasis Arsitektur Real-Time System sebagai Pemantau Jaminan QoS. http://khabib.staff.ugm.ac.id/data/papers/JURNALINFORMATIKA%20-%20paper.pdf. (Diakses pada tanggal 30 September 2015)

Silahkan di download untuk file dokumenya...
Cover
Proposal




No comments: